Iklan dimedia televisi

Iklan rokok A Mild
iklan rokok A Mild adalah salah satu dari sekian banyak iklan berbagaiproduk rokok di Indonesia. Penggunaan iklan yang berbeda dilakukan olehPT. HM Sampoerna dengan pendekatan iklan kontemporer, bahwakomunikasi dengan konsumen harus diciptakan, dipelihara, dan yangdiperjualbelikan adalah merek/brand. Bagaimana PT. HM Sampoernamenanamkan atau mengkomunikasikan pesan-pesan yang sama sekali tidak berhubungan dengan produk-produknya. Selain itu dengan adanya PP No.38/2000 yang isinya memperbolehkan rokok beriklan tetapi tidak bolehmemperlihatkan aktifitas merokok atau memperlihatkan bungkus, membatasiwaktu tayang PT. HM Sampoerna dalam produksi rokok A Mild. memunculkan fenomena baru dalam beriklan dengan menampilkan sajianiklan yang tidak memperlihatkan adanya hubungan antara pesan-pesan yangdisampaikan dengan produk yang dipasarkan, sesuatu yang terlihat janggalpada dunia iklan pada umumnya. Tampilan iklan dibuat dengan unsurgambar/visual yang lebih dominan karena gambar akan lebih mempunyai artiluas dan bisa diinterprestasikan seluas dan sebebas mungkin oleh calonkonsumennya atau bisa diartikan untuk selalu berpikir keluar dari kotak (thinking out of the box). Manfaat atau nilai suatu merk produk yangdijanjikan pada konsumen dikemas dalam pesan yang kadang sangat subtil,mengajak orang yang melihat iklan untuk aktif menggali makna dan pesanyang ada di dalamnya. Pada saat berlangsungnya proses pencarian makna danpesan itulah sebenarnya merk itu sedang menancapkan kesannya di dalambenak konsumen. Maka, makna dan pesan yang dibawa oleh suatu merek tidak selalu disodorkan ke hadapan konsumen, tetapi ikut ditemukan dan diciptakanoleh konsumen sendiri. Pesan yang disampaikan oleh A Mild banyak melihatfenomena yang terjadi di masyarakat dengan berbagai macam tematik iklanyang selalu diluncurkan A Mild dengan kreatif, berani, dan mewakilisemangat brand A Mild yakni “Bukan Basa Basi”. Karena tujuan darisimbolisasi produk melalui iklan hanyalah mengantarkan kembali budaya-budaya dan nilai-nilai yang dimiliki masyarakat.

sumber :http://www.scribd.com/doc/53179283/analisis-iklan-sampoerna-SRIPSI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: