Secercah Kebahagiaan di Balik Ancaman Ledakan Penduduk RI

Published On 29 Jan 2011 By iyo.pw. Under Hot News, Nasional.  Tags: Administrasi, Biaya Pendidikan, Daya, Diskusi, Gagal, Hadiah, Kebahagiaan, Kependudukan, Ledakan Penduduk, Mobilitas, Mpf, Pemerintah Daerah, Pencari Kerja, Penduduk Indonesia, Perempuan, Radio Trijaya, Tiap, Tingkat Pendidikan, Usia, Warung Daun

(Berita MPF)

– Ancaman ledakan penduduk di depan mata. Untuk mencegahnya diperlukan tindakan tepat. Salah satunya diusulkan agar masyarakat yang hanya memiliki 2 anak diberikan hadiah.

“Perlu ada semacam reward bagi para masyarakat yang hanya memiliki 2 orang anak, seperti biaya pendidikan gratis,” kata Kepala Lembaga Demografi UI Sonny Harry D Harmadi dalam diskusi yang digelar Radio Trijaya di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (29/1/2011).

Persoalan ledakan penduduk di masa depan akan cukup kompleks. Bayangkan, setiap tahun muncul jutaan pencari kerja baru. Apalagi kalau kemudian mereka memiliki tingkat pendidikan yang rendah, maka investasi swasta harus disesuaikan dengan kemampuan kerja penduduk

“Kita harus mengubah masyarakat dari mindsetnya, yaitu harus meyakinkan bahwa memiliki hanya 2 orang anak itu lebih baik,” terangnya.

Upaya ini perlu didorong dan bantuan dari pemerintah daerah. Hal ini penting karena Salah satu penyebab KB gagal adalah karena program tersebut diserahkan ke Pemda. Sementara Pemda tidak menjadikan program KB sebagai prioritas.

“Permasalahan kependudukan terpusat di 4 hal yaitu kuantitas penduduk yang terlalu besar, kualitas penduduk yang rendah, mobilitas yang besar dan administrasi DPT yang amburadul,” tutupnya.

Pertambahan penduduk yang munculkan potensi ledakan penduduk Indonesia tidak dibarengi peningkatan kualitas sumberdaya serta daya tampung pekerjaan.

“Jumlah pertambahan penduduk tiap tahun mencapai 6 juta jiwa pertahun, lebih besar dari prediksi survei,” kata Kepala Lembaga Demografi Universitas Indonesia, Sonny Harry B Harmadi.

Menurut dia, ledakan penduduk dini sudah mulai terasa.  Berdasarkan survei 2010, pertumbuhan penduduk sebesar 1,49 persen. Namun hal itu belum memasukkan estimasi jumlah anak pada perempuan usia subur. Bila rata-rata  seorang perempuan usia subur memiliki anak rata 2-3 orang, jumlah penduduk lebih besar dari perkiraan.

Masalah paling nyata, menurutnya, pertambahan penduduk tidak dibarengi peningkatan kualitas sumberdaya serta daya tampung pekerjaan. “Populasi dengan pendidikan rendah rata-rata SD, kelahiran banyak yang masuk tenaga kerja namun penyerapannya rendah,” ujar dia.

Sony menilai, perlu ada intervensi kekuasaan untuk mencegah tragedi kependudukan terjadi. Misalnya, dari program persalinan gratis yang mewajibkan pelaksanaan KB. “Ada reward bagi akseptor KB seperti yang pernah sukses di masa lalu,” tegasnya.

Menurut Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Sugiri Syarif,  berdasarkan survei, jumlah penduduk Indonesia diperkirakan mencapai 241-242 juta orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: